SMK Muhammadiyah 1 Jakarta Adakan Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja

JAKARTA-SMK Muhammadiyah 1 Jakarta selenggarakan workshop penyelarasan pembelajaran berbasis Dunia Kerja pada 14/07/2023. Kegiatan ini dihadiri oleh narasumber dari dunia industri yaitu Tatang Raharjo selaku Direktur PT. Indo Karya Solusi dan Yanuar Santoso selaku Technical Trainer Aftersales Wuling Academy.

Workshop ini bertujuan untuk menyelaraskan pembelajaran yang ada di sekolah dengan dunia kerja sehingga kompetensi lulusan sekolah sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Yanuar Santoso menyampaikan beberapa hal yang perlu diselaraskan antara sekolah dengan dunia kerja.

“Sekolah dan dunia kerja perlu menyelaraskan beberapa hal di antaranya kurikulum pembelajaran, strategi pembelajaran, sarana & prasarana, dan kompetensi guru” tuturnya.

Selain itu, Yanuar juga menambahkan, “Guru perlu mengajarkan soft skills yang meliputi kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, bekerja sama, problem solving, berpikir kreatif dan inovatif, positive mental attitude, managemen waktu yang baik, dan negosiasi”. Kemampuan-kemampuan ini diperlukan untuk siswa saat terjun ke dunia kerja.

Hsenada diungkapkan Tatang Raharjo Raharjo selaku Direktur PT. Indo Karya Solusi, “Ajarkanlah sesuatu yang berguna dan bermanfaat untuk siswa, kurangi materi-materi yang tidak dibutuhkan saat siswa terjun ke dunia kerja”.

Kepala Program Otomotif, M. Abu Jamroh merasa senang terhadap kegiatan tersebut karena narasumber mengajarkan strategi dan memberikan solusi dalam pembinaan siswa di sekolah. Harapan ke depannya, “Industri dari PT. Indo Karya Solusi dan Wuling dapat terlibat langsung dalam penyelarasan kurikulum dan guru dapat lebih memotivasi siswa dan mengajarkan softskills pada siswa”. (Tati Nurkhikmah)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *